Start Young

Review Buku “Start Young” :

Sadar atau tidak mahasiswa merupakan suatu status yang bergengsi, mempunyai strata high class. Teringat dengan kalimat Bung Karno, “Beri aku 10 pemuda maka akan kuguncang dunia.” Kenapa pemuda??? Ya karena pemuda atau mahasiswa dengan segala potensi yang dimiliki adalah asa bagi negara, agent of change. Secara sederhana mahasiswa adalah inteletual muda yang kritis, kreatif, energik, kuat, inovatif dan segudang karakter pemuda lainnya.

Banyak pilihan yang ditawarkan dengan status mahasiswa. Apakah ingin menjadi mahasiswa murni yang sebatas kuliah mendengarkan ceramah dosen, jam istirahat di kantin, lalu kembali dengan rutinitas kos? Istilahnya 3K (Kampus, Kantin, Kos). Ataukah kita yang cinta berkecimpung dalam organisasi namun kuliah terbengkalai? Ataukah mahasiswa yang menjadikan IPK dan gelar sarjana sebagai prioritas utama?

Semuanya kembali pada diri masing-masing. Sayangnya status mahasiswa dengan segala aktivitasnya bisa melenakan. Ujung-ujungnya hanya kebingungan yang didapat setelah keluar dari gerbang dunia kampus. Bayangan pengangguran senantiasa menghantui.

Paradigma yang berkembang di masyarakat adalah kuliah dengan lancar, IPK bagus, lulus memuaskan dan gampang peroleh pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Serasa hal tersebut merupakan aturan pakem yang dengan mudah bisa dilakukan. Namun hal yang kontras di lapangan. Setiap tahun berapa banyak sarjana yang dicetak dari sebuah universitas? Berapa jumlah universitas di Indonesia? Hal ini tidak berimbang dengan jumlah lapangan kerja yang ada. Terlebih untuk sebuah profesi multidisiplin ilmu, tentu tingkat persaingan semakin tinggi.

Inilah yang melandasi lahirnya buku Start Young; Tips & Trik Sukses di Usia Muda. Buku yang dikemas apik dengan sampul dominan putih. Berhiaskan tunas daun yang menggambarkan pemuda senantiasa tumbuh berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Tunas yang sedari awal menjadi pondasi penting untuk menghasilkan buah kesuksesan di kemudian hari.

Tunas ini bisa diibaratkan sebagai tahap persiapan untuk menjadi pribadi yang sukses. Dan masa yang tepat adalah ketika masih muda, bukan di saat usia senja. Hidup ini bagaikan sebuah petualangan. Perlu bekal yang mantap sesuai dengan tujuan petualangan itu sendiri.

Di buku ini berulang kali disinggung untuk keluar dari comfort zone atau zona nyaman mahasiswa. Semuanya serba lurus dan terarah, mulai dari mata kuliah, aktivitas kemahasiswaan maupun dosen. Dibutuhkan persiapan sejak dini untuk menghadapi dunia pasca kampus yang tidak dapat diprediksi, serba tak terarah dan seringkali meloncat-loncat.

Kita disuguhi dengan kompas kehidupan sebagai penunjuk arah kesuksesan.Aspek utama dalam kompas ini meliputi:

  1. Akademis : penekanan pada penguasaan materi kuliah
  2. Soft skill : berupa kemampuan adaptasi, komunikasi, dan manajemen diri dalam hal berinteraksi denagn orang lain.
  3. Hard skill : kemampuan teknis kita dalam berkarya, umum disebut ketrampilan.
  4. Network : jaringan yang baik tentu akan membentangkan jalan menuju sukses karena di antara ribuan orang yang kita kenal pasti ada yang kita butuhkan.
  5. Hobi : bukan rahasia lagi jika bekerja dengan senang hasilnya pun memuaskan, tidak hanya dari segi emosional namun juga finansial.
  6. Portofolio: terlalu sayang jika hasil karya kita tersimpan di dokumen pribadi, portofolio adalah ruang pamer hasil petualangan kita.

Jika buku sejenis lainnya hanya menguraikan inti dari motivasi untuk sukses, buku ini memberikan ulasan terperinci dari segi kehidupan pasca kampus, bekal yang harus dimiliki sejak mahasiswa maupun jurnal sukses dari pemuda negeri ini. Di dalam tiap bab, banyak solusi, latihan sederhana dan tips sukses di usia muda yang ditawarkan dalam buku ini. Ditulis dalam bahasa yang sederhana dan mengalir sehingga pembaca mudah untuk mengaplikasikannya. Sesuai dengan judulnya Start Young, buku ini wajib dimiliki bagi mahasiswa yang ingin sukses di masa muda.

Early starting, memulai lebih awal sangat penting. Ibaratnya mencuri start dalam pertandingan melawan waktu,” Jerry Aurum.

(Sumber : http://muslimahsakura90.wordpress.com/2010/05/25/lomba-review-buku-start-young-hanya-di-kitareview-com/)

  1. Semangat Juang PEMUDA tidak akan bisa di PADAMKAN
    JIWA PEMUDA bagai API yang MELETUP-LETUP……….. bisa membakar semua KETAKUTAN, bisa memberantas semua PENGHALANG.
    NYALAKAN KEMBALI JIWA MUDAmu